Resep Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas

Resep Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas

Resep Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas


BlogAnekaResep.Com - Resep ikan nila bakar bumbu pedas merupakan sajian yang nikmat untuk disantap dengan nasi hangat dan sayur asem. Hidangan ikan nila bakar bumbu pedas ini cukup mudah dibuat di rumah. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Mari simak resep ikan nila bakar bumbu pedas berikut ini :

Bahan-bahan untuk resep ikan nila bakar bumbu pedas :


Bahan Utamanya Ikan Nila :

  • 1 ekor ikan nila segar
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1/4 sdt garam

Bahan untuk olesan Ikan Nila Bakar:


  • 2 sendok makan air jeruk limau
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sedok makan minyak goreng

Bumbu Halus untuk Ikan Nila Bakar (Campur dengan Bahan Olesan):

  • 3 buah Cabai rawit merah
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 5 buah Cabai keriting merah
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt Gula pasir

Cara Memasak Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas :


Langkah pertama cuci bersih semua bahan-bahan termasuk bahan utama yang akan digunakan yakni ikan nila.
Cara membersihkan ikan nila, pertama yang kita lakukan dengan membersihkan sisik pada bagian tubuh ikan nila.

Pada bagian ini banyak kotoran dan kuman yang bersarang pada di sisik ikan. Cara membersihkan sisik ikan, dengan arah yang berlawanan yakni dari bagian ekor ikan ke bagian arah kepala.

Selanjutnya, bersihkan pula bagian perut ikan. Caranya, sayat bagian perut ikan hingga terbuka celah untuk memasukan jari kedalamnya. Kemudian keluarkan isi perut ikan dengan tangan dan bersihkan pula bagian dalam perut ikan secara merata hingga bisa dipastikan tidak ada kotoran lagi didalamnya.

Setelah selesai membersihkan bagian perut ikan, lanjutkanuntuk membersihkan insang di kepala ikan dengan cara memutusnya menggunakan tangan dan buang insang yang sudah dilepaskan.

Jika semua bagian ikan nila sudah dibersihkan, lalu kerat bagian perut ikan dibagian kedua sisi agar bumbu yang diracik pada ikan bisa menyerap ke dalam daging ikan secara merata.

Kemudian berikan perasan air jeruk dan taburan garam beserta dengan bumbu halus dengan bahan olesan pada ikan. Aduklah secara merata dan diamkan sampai bumbu meresap kedalamnya secara merata.


Cara Membuat Ikan Nila Bakar Pedas:


Langkah pertama, sebelum ikan dibakar, kita harus memberikan bumbu olesan pada ikan secara merata hingga kebagian perut ikan.

Kemudian anda bisa memanggang ikannya di atas bara api. Agar ikan lebih sedap dan nikmat, panggang ikan dengan arang dari batok kelapa akan membuat rasa ikan semakin sedap dibandingkan dengan memanggang ikan di atas kompor.

Pangganglah ikan hingga matang secara merata dan jangan lupa bolak-balikan ikannya agar tidak gosong. Waktu membakar ikan, sebaiknya anda memberikan bumbu olesan agar ikan semakin berasa dan gurih.

Jika bagian permukaan ikan sudah mulai terlihat kecoklatan dan matang merata. Lalu angkat ikan dari panggangan dan tata diatas piring saji. Sajikan ikan nila bakar ini saus kecap yang diberikan potongan bawang merah dan cabai rawit.

Demikian resep ikan nila bakar bumbu pedas, selamat memasak dan menikmati ikan nila bakar bumbu pedas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan resep ikan bakar bumbu pedas ke teman-teman. Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel