Resep Udang Goreng Tepung Crispy Yang Gurih

Resep Udang Goreng Tepung Crispy Yang Gurih

Resep Udang Goreng Tepung Crispy Yang Gurih


BlogAnekaResep.Com - Banyak makanan yang menggunakan udang, baik sebagai bahan utama atau sebagai pelengkap masakan. Udang goreng tepung bisa dijadikan cemilan atau sebagai lauk karena rasanya yang gurih dan lezat. Hanya di restoran ternama atau restoran cepat saji yang menyediakan menu makanan udang goreng tepung crispy. Tapi tak perlu kuatir, Anda bisa membuat udang goreng tepung crispy di rumah. Untuk membuat udang goreng tepug sangat mudah. Bagaimana apa Anda akan mencoba membuat udang goreng tepung crispy ini? Kalau begitu mari simak resep udang goreng tepung crispy yang gurih berikut ini :


Bahan-Bahan resep udang goreng tepung crispy yang gurih :



  • 500 gram udang
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • tepung panir, minyak goreng secukupnya

Bahan untuk membuat adonan tepung



  • 100 gr tepung terigu
  • 1 butir telur ayam, dikocok lepas
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • garam, air es secukupnya

Cara membuat udang goreng tepung crispy :


Pertama bersihkan udang, dikupas kulitnya dan buang kepalanya yang tersisa hanya daging dan ekornya saja. Lalu cuci hingga bersih dan dtiriskan sebentar.

Setelah ini beri garam, air perasan jeruk nipis dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Diamkan sejenak, ± 15 menit. Proses ini untuk mengurangi kadar air pada udang sehingga hasilnya bisa lebih renyah. Proses ini juga dapat mengurangi bau amis dan menambah cita rasa gurih dari bawang putih.

Selanjutnya, buatlah adonan tepung dengan mencampurkan tepung terigu, lada bubuk, baking powder, kaldu bubuk dan garam kemudian aduk hingga merata. Lalu tuangkan air es sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk sehingga menjadi adonan seperti hendak membuat mendoan. Tambahkan kocokan telur dan aduk sampai rata. Jika tidak ada air es, bisa gunakan air dingin biasa, jangan air hangat karena baking powder bisa bereaksi sebelum udang digoreng. Sehingga hasilnya tidak maksimal.

Celupkan udang kedalam adonan tepung setelah itu gulingkan pada tepung panir kasar sehingga terselimuti seluruhnya.

Goreng udang dalam minyak panas yang agak banyak sehingga udang terendam. Goreng hingga matang dan berubah warna manjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Sajikan udang goreng tepung crispy selagi hangat bersama dengan saus sambal.

Bagaimana Mudah bukan cara membuat udang goreng tepung crispy? Selamat mencoba dan memasak resep udang goreng tepung crispy yang gurih, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Udang Goreng Tepung Crispy Yang Gurih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel